Lomba Karya Cipat Maritim Nasional (LOKARINA) ITS


LOKARINA (Lomba Karya Cipta Maritim Nasional) 2013 “Inovasi Berbasis Teknologi untuk Eksplorasi Kemaritiman Berkelanjutan demi Kejayaan Bangsa”

Dengan perkembangan sains dan teknologi dalam bidang kemaritiman mendorong bangsa Indonesia, khususnya para mahasiswa sebagai generasi muda untuk berperan aktif didalamnya. Mengingat bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan sumber daya maritim. Teknologi terapan yang tepat guna maupun riset-riset sangat diperlukan untuk mengelola bidang kelautan, tentunya dibutuhkan pula inovasi-inovasi dan gagasan ide pemikiran baru yang dapat mengembangkan riset maupun teknologi yang telah ada. Sehubungan dengan adanya hal tersebut, maka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya khususnya Teknik Perkapalan sebagai salah satu instansi pendidikan yang juga berorientasi teknologi dan maritim merasa tergerak untuk membantu mengatasi masalah tersebut, yang dalam hal ini dapat dituangkan dalam bentuk karya inovasi tertulis dan kreatifitas mahasiswa berupa prototipe atau software (permodelan). Oleh karena itu, Team SAMPAN 7 Teknik Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan ITS Surabaya berencana mengadakan “Lomba Karya Cipta Maritim Indonesia ( LOKARINA)” tingkat nasional guna membantu memecahkan masalah bangsa yang berhubungan dengan kemaritiman Indonesia. 

 Tujuan : • Membuka pemikiran dan wawasan mahasiswa Indonesia untuk peduli pada masalah bangsa Indonesia terutama dalam bidang maritim 
              • Menghimbau mahasiswa Indonesia untuk peduli terhadap masalah kemaritiman Indonesia yaitu antisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana alam akibat fenomena bawah laut.
          • Mencari solusi melalui ide-ide dan gagasan kreatif serta inovasi dan teknologi terapan dari mahasiswa Indonesia dalam hal antisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana akibat fenomena alam bawah laut  

Sasaran Peserta : Mahasiswa seluruh Indonesia 

Sub Tema : # Inovasi Teknologi kemaritiman Indonesia 
                   # Sumber energi kemaritiman terbahrukan
                   # Peningkatan aspek sosial-ekonomi masyarakat pesisir 
                # Pemanfaatan kembali limbah kemaritiman.  

Persyaratan : 
 a) Peserta merupakan mahasiswa aktif S1 atau Diploma perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia dan masih berstatus mahasiswa saat Grand Final (dibuktikan dengan fotokopi KTM yang disertakan saat pengiriman karya).
 b) Peserta dapat perorangan atau berkelompok dengan jumlah maksimal 3 orang dan berasal dari perguruan tinggi yang sama. Peserta diperkenankan mengirimkan lebih dari satu karya tulis (maksimal 2) 
c) Peserta harus mendapatkan rekomendasi dari pihak perguruan tinggi (Wakil/Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) yang dibuktikan dengan lembar pengesahan dalam karyanya. 
d) Karya tulis yang dikirimkan merupakan hasil pemikiran sendiri, bukan hasil jiplakan dan belum pernah menjadi pemenang pada kompetisi serupa. 
e) Mengrimkan karya tulis dan formulir pendaftaran ke email lokarinaits@gmail.com. dan Konfirmasi melalui sms ke panitia Lokarina (Lya Choiriya /085733349065 & Noor Muhammad Ridha Fuadi / 08986071565 ) dengan format nama PTN-nama peserta-judul karya. 
f) Setiap tim harus membuat dan mengirimkan karya tulis sesuai dengan tema yang ditentukan (sistematika penulisan karya tulis)
 g) Karya tulis peserta akan diseleksi pada tahap penjurian awal untuk menentukan 20 (dua puluh) finalis. 
h) Nama-nama finalis akan diumumkan melalui website www.sampanits.com pada tanggal 11 April 2013 pukul 20.00 WIB. 
i) Semua finalis diwajibkan mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri pada saat Grand Final di Kampus ITS Sukolilo, Surabaya pada tanggal 22 April 2013 (akan ada informasi lebih lanjut). 
j) Semua finalis diharuskan membuat x-banner 1, prototype , poster 2, dan leaflet minimal 100 lembar, yang merepresentasikan karya tulisnya. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 
k) Segala urusan keuangan menyangkut pembuatan karya tulis, dan prototype produk bukan merupakan tanggungjawab panitia.  

Ketentuan Karya Tulis 
Karya tulis yang dikirimkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : 
*Original
 Karya harus bersifat asli tidak meniru karya orang lain. 
*Kreatif dan Inovatif 
Karya berisi gagasan yang kreafif dan inovatif dalam arti belum pernah ada sebelumnya namun memiliki landasan teori yang jelas dan realistis. 
*Solutif dan Aplikatif 
Karya adalah hasil telaah kritis terhadap suatu permasalaah dan isu yang mutakhir atau aktual didukung argumentasi ilmiah yang jelas, sehingga karya dapat menjadi solusi permasalahan yang ada di Indonesia dan dapat diterapkan oleh masyarakat luas. 
*Sistematis
 Karya disampaikan dalam bentuk yang jelas, sistematis, runut, dan didukung oleh data atau informasi yang terpercaya.
 *Sesuai dengan bidang ilmu yang dikompetisikan 
Karya tulis merupakan penjelasan/deskripsi dari inovasi di bidang energi ramah lingkungan berupa suatu karya teknologi (prototipe, model, peralatan, proses, produk) 

  Tanggal yang harus diperhatikan: 
 Tahap pendaftaran : 15 Januari – 20 Maret 2013 
Tahap penerimaan naskah : 15 Januari – 20 Maret 2013 (cap pos)
 Tahap seleksi : 20 - 30 Maret 2013 
Pengumuman finalis : 11 April 2013 
Pengumpulan Prototipe : 21 April 2013 
Technical Meeting : 21 April 2013 
Seminar dan presentasi : 22 April 2013 
Pengumuman Pemenang : 22 April 2013

 Hadiah : 
Juara I : Trophy + Uang Tunai Rp 4.000.000,00 
Juara II : Trophy + Uang Tunai Rp 2.000.000,00 
Juara III : Trophy + Uang Tunai Rp 1.000.000,00 
Juara Harapan I : Uang Tunai Rp. 500.000,00 
Juara Harapan II : Uang Tunai Rp. 250.000,00 
Tiap finalis akan mendapatkan sertifikat penghargaan. 

  SEKRETARIAT PANITIA : 
Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan (HIMATEKPAL) 
Fakultas Teknologi Kelautan 
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
 Kampus Sukolilo Surabaya 60111 

Panduan dan informasi lebih jelas dapat dikunjungi di http://hima.na.its.ac.id/sampan/ 
 Twitter @LOKARINA_ITS , Group Facebook LOKARINA 2013 ITS 
 Telp. Lya Choiriya (085733349065) Noor Muhammad Ridha Fuadi (08986071565)

Mention kami: @lombarekampus

0 komentar:

Posting Komentar